Random Talk
Bye, 2017!

Seperti pada tanggal satu di awal tahun yang baru aku udah biasa bikin postingan seperti ini yang isinya gak lebih dari jemawa dan curhat-curhat terselubung. 2017 is quite messy. Kayaknya banyak resolusi ku yang gak kecentang di tahun 2017.

 

1. Read 12 Books

Berdasarkan dari 2016 yang ngerasa ampas banget. Banyak hobi yang udah ditinggalin dan akhirnya aku jadi malas-malasan tanpa ada hasil, aku pingin di 2017 gak gitu lagi. Jadi aku bikin goal buat balikin hobi baca buku paling enggak satu bulan satu buku. Dan tahun 2017 aku berhasil baca 13 buku. Padahal kalo dipikir 2017 lebih sibuk gitu dari 2016. Karena udah gak seleha pas masih di bagian IT dan banyak dapat proyek yang deadlinenya mepet-mepet kayak naik angkot. Dari 12 buku yang aku baca dan satunya short story online gitu, aku suka semuanya kecuali buku Tere Liye yang Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Tapi kalo disuruh milih buku yang paling bagus menurut aku mungkin buku Diary of a Wimpy Kid - Double Down dari Jeff Kinney sih yang paling aku suka. Walaupun kata orang selera humornya menurun tapi karena itu buku pertama Jeff Kinney yang aku baca jadi gak kerasa sih, tetep lucu. Buku itu bikin aku ngerasa gak sendirian, ku kira aku orang paling konyol di dunia ini, yang soal acara tv dan lain-lain. Semoga di 2018 bisa baca lebih banyak buku lagi.

 

2. Have 36 Posts

Dari awal 2017 aku udah keukeuh buat rajin nulis. Paling enggak sebulan dua kali. Tapi Alhamdullilah aku rajin banget. Sebulan aku bisa nulis sampe empat kali. Jadi selama tahun 2017 aku sudah nulis 52 posts. Wow. Aku gak nyangka. Apalagi kalo dulu mikir mau nulis apaan, gak ada bahan. Sekarang banyak bahan tapi gak ada waktu buat nulis. Apalagi akhir tahun kerjaan udah kayak tim keuangan yang lagi kejar setoran buat ngabisin dana PNBP. Semoga list tulisan yang aku bikin bisa cepet di garap. Karena makin lama makin numpuk gitu. Oh iya rasanya gak berhenti bersyukur karena tahun ini aku bisa ngerasain jumlah visitor yang gak kayak cabe rawit di sekotak tahu sumedang. Google analytic yang awalnya cuma satu dua dan hampir gak ada yang ngunjungi jadi ada grafiknya, dan gak nyangka sehari bisa sampe segitu. Semoga bisa lebih memperbaiki tulisan di tahun 2018.

 

3. Watch 34 Movies

Aku gak yakin ini kecentang apa enggak soalnya aku gak ingat udah nonton berapa film, dan gak semua film yang aku tonton aku review disini. Yaudah supaya aku bisa ingat film apa aja yang aku tonton di 2018 aku bakal selalu posts film yang udah aku tonton.

 

4. Save Money

Alhamdulillah lagi, 2017 aku bisa tetep hemat. Oke, aku emang suka khilaf. Kemaren aja di pengujung tahun aku beli buku gara-gara tergoda diskon yang sekalinya harus pasang member, jadi cuma dapat cash back ovo. Aku sedih banget. Terus begonya gak bikin member lagi jadi gak dapat diskon 20%. Yaudah biarkan aku dengan kebegoanku ini. Aku beli 3 buku yang padahal aku beli 7 buku di Gramedia Online pas Harbolnas terus aku masih ada dua buku yang aku beli di Hestek Buku terus aku masih ada dua buku yang belum aku baca di rumah. Well done, Vidi. Aku emang suka gak kuat sama buku dan skin care terutama masker. Cuma untungnya itu diluar uang yang musti di tabung. Jadi aku anggapnya semua barang yang aku belanjain itu semacam Reward buat aku yang hidup bersusah payah sebelumnya. Payahnya aku lupa kalo baju di lemari udah gak layak pakai, gak punya baju kerja, dan aku gak beli baju coba. Malah beli buku sama skin care.

Sebenernya aku pasang target dua kali lipat dari yang aku dapatin sekarang tapi karena aku musti beli motor yaudah deh aku nurunin target ku dan kecapai juga. Padahal sempet saldo kosong di Bank. Ampas sekali. Semoga tahun 2018 aku bisa lebih hemat lagi, bisa capai target yang aku bikin, dan semoga bisa dapat lebih banyak proyek lagi.

 

5. Change Blog Template

Salah satu resolusi yang tidak kecentang karena kemalasan yang hqq. Sebenernya ada beberapa perbaikan sih. Yang bisa dibaikin. Aku juga gak yakin tahun ini bisa baikin template blog.

 

6. Upgrade TOEFL

Salah satu yang gak kecentang juga nih. Aku belum ada tes toefl lagi, terakhir tahun 2016. Cuma tahun ini aku ikut program bridging. Itu bener-bener nolong banget sih. Paling enggak baca buku atau nonton film udah lebih gampang. Semoga tahun 2018 aku masih tetep belajar dan improve bahasa inggris walaupun bridging dah selesai.

 

7. Holiday

'Pid kayaknya kamu kurang piknik.'

Komentar salah satu temen yang dicurhatin pas galau. Awalnya aku langsung ngerasa apaan sih soalnya gak ada kolerasi antara masalahku sama piknik. Tapi pas aku pikir-pikir mungkin kalo ya aku kurang piknik. Tahun 2017 awal tahun aku pertama kalinya ke Jogja dan akhir tahun pertama kalinya ke Makassar. Kalian bisa baca cerita aku di Makassar lewat postingan Part 1 dan Part 2 nya. Yang ke Jogja entar nyusul aja. Masih ingat kok. Selain ke luar Pulau, aku juga liburan ke luar kota. Dan liburan kemana aja asal sama orang yang bisa bikin happy tetep bikin seneng. Jadi buat orang-orang yang bikin aku seneng di 2017 semoga tahun 2018 masih bisa bareng seneng-senengnya dan masih bisa jalan-jalan lagi.

 

8. Try To Write Short Story Again

Ya ini resolusi kecentang. Walaupun gak banyak tapi aku bikin short story di blog ini juga. Pendek banget. Tapi awal mula yang baik aja deh. Kurang inspirasi sih, soalnya hal hebat yang bikin nulis jadi gampang itu kalo gak lagi jatuh cinta ya lagi putus cinta. Masalahnya aku enggak. Aku monoton aja. Semoga tahun 2018 bisa bikin tulisan yang lebih baik lagi tanpa harus putus cinta.

 

9. Maintain Health

Salah satu resolusi yang gak bisa kecentang. Setiap check up pasti hasilnya bikin depresi. Semoga 2018 aku bisa minum 2 liter tiap hari, aku yang notabane makan gak minum it's okay ini musti banyak minum. Rajin olahraga paling gak seminggu sekali. Jaga makanan. Jaga pola hidup supaya gak berantakan lagi. DI 2018 harus hidup lebih sehat lagi.

 

Dan itulah resolusi ku di tahun 2017 yang beberapa gak kecentang. Sangat remah-remah sekali kan. Ya begitulah aku. Bagai amparan tatak yang gak ada peminatnya di setiap kesempatan buka puasa bersama. Di tahun 2017 banyak banget cerita-cerita yang seru, temen-temen yang baru, kesedihan dan kebahagiaan yang datang silih berganti macam air PDAM yang kadang jernih kadang enggak. Biasanya postingan macam ini aku bakal bikin list kejadian yang pernah aku alami di tahun 2017 cuma aku sudah suka lupa sih apa aja. Maafkan. Jadi postingannya begini aja, mereview kembali resolusi 2017.

DI tahun 2017 aku gak sendiri ngerayain ulang tahunku. Aku punya temen-temen baru yang nemenin sampe malam buat seneng-seneng biar aku lupa kalo aku gagal di hari ulang tahun ku. Aku sedih banget sama kegagalan itu. Rasanya pingin nangis dan gak masuk kerja sebulan. Rasanya aku udah gak punya kebanggan apa-apa lagi. Aku coba cari semangat, cari pembenaran, cari sesuatu yang bikin aku percaya diri lagi tapi di orang lain. Sampe akhirnya aku ketemu ibu Putu dan pak Nanda waktu tes kemampuan bidang calon dosen. Aku langsung ngerubah pikiran-pikiran yang ngejatuhin semangat aku. Baru kali ini aku bisa bangkit dengan usaha aku sendiri. Biasnaya aku perlu orang lain buat ngeyakinin aku. Ternyata diri sendiri lebih berpengaruh. Bener kalo ada yang bilang semua tergantung diri sendiri.

Kegagalan kemarin bener-bener jadi pukulan telak buat aku. Bahkan aku sampe nyalahkan orang lain, lebih tepatnya marah ke orang lain. Aku marah ke dia yang komentarnya bener-bener nyepelekan aku. Tapi aku emang sensi banget. Mungkin itu emang cara dia yang kalo tau ada orang yang susah bakal kepo dulu habis itu komentar tanpa perlu peduli itu bikin orang sakit hati apa enggak tanpa berusaha semangatin dan hibur orang itu dulu. Aku belajar dari situ. Aku musti kasih lihat ke dia kalo aku bisa pas pada waktunya pas Tuhan kasih jalan buat aku.

Semoga 2018 bisa jadi tahun aku buat membuktikan ke orang-orang yang nyinyir kalo aku bisa do something. Semoga Allah kasih yang terbaik buat tahun 2018.

Selamat Tahun Baru. Selamat Buku Baru. Selamat Kalender Baru. Selamat Resolusi Baru.