Trip
Trip To Makassar Part 2 | 19 - 22 Oktober 2017

Sumpah aku mulai ngerasa alay, begini aja dibikin bepart-part. Maafkan kealayan daku ya. Okay pada hari ketiga aku janjian jam enam pagi buat jalan ke Panlos, karena jam sembilan udah musti berangkat ke Maros. Aku bangun jam setengah enam buat siap-siap mandi, dan jam setengah enam itu juga udah ditelponin buat ngumpul. Akhirnya pertama kali ngerasain kaki lecet karena lupa pake kaos kaki (eh kedua kali, pertama pas magang).

Kita mau nyoba naik becak, tapi si bapak lagi tidur semua. Sebenernya si bapak oke aja kalo dibangunin, tapi kita takut dosa. Akhirnya sotoy buat naik pete-pete. Ini semacam angkot gitu. Dan setelah agak jauh si abang pete-pete baru ngasih tau kalo kita salah trayek. Siyal. Padahal awal masuk udah bilang mau ke Panlos. Akhirnya kami diturunin di simpangan dan berbekal kata orang (kami di Makassar gak pernah pake Google Maps kami pake insting ke-sotoy-an) kami jalan kaki ke Panlos, dari sini kaki udah ngerasa perih banget karena lecet. Jalannya cukup jauh. Cukup bikin keringetan.

Sempet beli jajanan dulu. Dan pas sampe emang kerasa beda banget Panlos waktu malam dan pas pagi. Banyak yang lari pagi, dan ada juga yang nyeker sambil nenteng sepatu, iya itu aku. Kami disini cuma ngabisin kue yang dibeli sama foto-foto. Dan Panlos emang lebih bagus kalo pas pagi. Btw Panlos ini sebenernya biru sih karena laut, tapi dipinggirnya hitem dan bau. Aku kira aku lagi dipinggiran sungai karang mumus. Tapi ini sepenuhnya salah sampah sama limbah. Aku sedih sih. Padahal jarak satu atau dua meter (btw, aku gak paham sama jarak-jarakan) kita bisa lihat laut aslinya yang masih biru.

Pulangnya kami langsung sarapan dan siap-siap pergi lagi. Kali in pergi ke Taman Kupu-Kupu Bantimurung. Disini selain lihat kupu-kupu, museum kupu-kupu, karst, air terjun, dan nyobain sky bridge. Dan seperti rencana utama yaitu berenang di air terjun. Ini kali pertama aku lihat air terjun, jadi gak mau aku sia-siain. Untung aja arusnya gak deres banget. Masih bisa buat sandaran di dinding air terjun sambil ngerasa kayak dipijat-pijat. Sayang banget karena kelamaan main air jadi gak sempet masuk ke gua dan lihat karst. Rombongan lain yang gak ikut mandi di air tejun nyoba buat naik ke gua dan nemukan karst bagus banget dan danau yang bikin hati adem. Aku harus puas cuma lihat foto-fotonya doang.

Karena ini bukan musim kupu-kupu jadi kupu-kupunya gak seberapa banyak. Pengaruh alam juga sih, katanya dulu lebih banyak lagi apalagi kalo sudah musimnya. Aku pikir karena banyak kupu-kupu yang dibikin gantungan kunci. Aku sedih sekali. Dan lebih sedih waktu lihat dipinggir air terjun ada sampah snack gitu, pop mie, sama kotak makanan dari styrofoam. Aku gak habis ide, siapa sih yang iseng banget makan disitu. Apa gak kena air makanannya. Dan ada bau pesing gitu, aku pikir itu pasti anak kecil yang kebelet pipis. Aku suka sedih kalo ada orang yang ngerusak alam macam ini. Padahal air terjunnya bagus dan jernih banget. Warnanya aja biru. Btw buat anak-anak yang gak berani main air di sungai, ada kolam pemandiannya juga.

Aku juga gak sempet ke museum kupu-kupu, rombongan yang gak mandi di air terjun dan gak naik ke gua ada yang ke museum. Dan aku musti puas ngelihat foto-fotonya doang. Alasan lain karena aku gak tega sih. Setelah mandi dan foto-foto dan niat mau ke gua tapi udah dipanggilin, kami jalan lagi buat ke Sky Bridge. Sebenernya 11 - 12 sama Canopy Bridge. Tapi yang ini bukan di dalam hutan jadi pemandangannya lebih luas. Dan yang ini pake safety segala. Padahal aku berani aja gak usah pake safety, pake ginian juga buat gaya-gayan pas foto doang.

Sebenernya mau ke leang-leang dan cukup aja waktunya. Tapi karena yang lain pada kelaparan dan capek jadi ngalah. Kembali ke daerah hotel dan macet parah. Mungkin karena mau malam minggu. Tapi ini macetnya bikin aku pingin keluar mobil dan jalan kaki aja. Perut kosong dan diajak macet-macetan itu gak asik banget.

Akhirnya di hari terakhir aku bisa juga checklist goals aku ke Makassar ini yaitu yoba Coto Makassar di Makassar. Salah satu coto yang terkenal itu Coto Makassar Nusantara di jalan Nusantara dan Coto Makassar Gagak. Kami pilih Coto Makassar Nusantara karena dekat dan ngelewatin. Disini bisa pake ketupat atau buras. Pas kami datang, ketupatnya sudah mau habis. Jadi tamu selanjutnya gak dapat. Burasnya juga udah habisan. Sisa dikit. Ketupatnya gak padet kayak ketupat yang biasa aku bikin pas lebaran, ketupatnya masih kayak nasi gitu, kurang air kayaknya. Temen aku sih suka, kalo aku lebih suka ketupat biasa.

Gak salah makan Coto Makassar di Makassar, dan gak salah tempat ini terkenal dan direkomendasikan. Soalnya enak banget. Kuahnya mashoook, pas banget. Sayang disini gak ada babat. Kesalahan aku pilih campur gak pake hati. Isiannya lebih banyak ke paru dan lain-lain. Aku kurang suka. Jadi aku cuma makan daging dan yang sekiranya bisa ku makan, yang sejenis hati ku kasih ke orang lain. Lain kali aku bakal pilih daging doang. Sedih, karena cuma daging gak seberapa yang bisa dimakan jadi masih lapar, mau minta tambah tapi gak enak karena dibayarin.

Rasa Coto Makassar ini yang bikin pas pulang makan Soto Lamongan dan ngerasa hambar.

Malamnya aku balik ke Panlos buat ketemuan sama temen ku. Ini asli ya dikit-dikit ke Panlos. Soalnya yang paling deket sih. Dan karena malam minggu adalah hari terharam bawa mobil jadi kami pergi sendiri naik Grab supaya diturunin dideket Panlos. Aman gak kena macet dan kecapean. Nah ini yang bikin driver kami kasian, dia udah nunggu di Hotel karena kami bilang ke Panlos tapi gak bilang naik Grab. Maafkan kami ya.

Beberapa hari di Makassar dan kepingin makan pentol dan dua kali beli yang didapat zonk akhirnya dapat juga pentol yang enak. Aku bahagia. Selagi temen ku makan pisang eppe aku makan pentol doang. Bergizi sekali.

Aku bahagia tapi temen-temen ku enggak. Jadi pisang eppe yang harganya paling mahal sepuluh ribu, dijual dua puluh lima ribu. Dan pisangnya, pisang mentah yang gak ada manis-manisnya. Terus buat toping durian cuma kayak serbuk durian gitu. Ini di tempat yang sepi pembeli emang sih. Aku juga heran kenapa milih yang sepi aturan yang rame. Aku pulang dari Panlos ini sendirian karena ditinggal sama temen-temen ku. Sedih kan hidupku ini.

Paginya aku ikut car free day, di hari terkahir di Makassar aku melakukan sesuatu yang berfaedah padahal di Samarinda jangankan ikut cfd-an, bangun pagi aja jarang. Sebenernya nemenin temen yang mau ketemuan sama temennya sih, sambil mau nyoba jajanan. Tapi kebanyakan jual keroncong, aku gak suka. Aku cuma beli cireng sama somay, udah bahagia banget. Dan disini aku kena maag. Malamnya gak makan dan pas pagi udah lapar tapi aku tahan, dan pas sarapan udah perih banget. Bayangin mau pulang malah kena maag. Aku juga galau banget karena oleh-oleh ku ada yang kurang. Pingin beli otak-otak tapi car free day bikin Grab gak bisa nyamperin, mau sekalian pulang takut gak sempet. Dan akhirnya aku nekat pergi pake Grab yang nunggu di simpangan agak jauh banget jalan kaki. Ini hal yang paling nyebelin karena pas mau balik ada rombongan yang sempet beli oleh-oleh sekalian pulang.

Oh well aku salut sama manajemen dari Hotel Horison Ultima Makassar, karena kacamata bos aku yang hilang akhirnya balik. Jadi bos aku naruh kacamata di meja lobby dan lupa dia ambil. Sempet pergi beli oleh-oleh dan mau jalan ke Bandara baru ingat kacamatanya ketinggalan. Pas sampe udah hilang. Ngurus lama banget buat klaim kacamata. Dan akhirnya pas balik ke Samarinda pihak Hotel ngirimin rekam cctv dan segera diproses orang yang ambil kacamatanya. Dan setelah itu kacamatanya balik dengan surat permohonan maaf.

Makassar ini kota yang besar, tiap pergi kemana aja pasti macet. Katanya sih biasanya gak macet. Cuma dari hari pertama pasti macet. Beberapa orang yang gak peduli soal sampah. Beberapa makanan yang gak masuk di lidah, tapi ada juga yang masuk ke lidah sampe ke sanubari yang paling dalam. Pembangunannya juga bagus. Samarinda masih belum ada apa-apa. Tapi aku masih bahagia di Samarinda. Karena ada kamu. Eww. Setiap kota pasti punya cerita masing-masing. Nah ini cerita aku di Makassar yang gak guna banget. Yaudah biarin aja. Biar aku bahagia. Kalo balik ke Makassar aku musti nyoba sop konro sama mie titi. Wajib.