Trip
Bandung Lautan Api | 18 - 19 Agustus 2018

Hai, sudah lama banget gak nulis sampe bingung gimana caranya mulai nulis. Ya emang biasanya suka bingung sih. Hampir lima bulan berhenti nulis karena kesibukan dan lain hal, seperti pindah kerja, pindah tempat tinggal, gak ada wifi, gak punya sempet waktu buat nulis, dan lain-lain. Karena sekarang tinggal sendiri jadi setiap weekend dipake buat ngelakuin pekerjaan ibu rumah tangga. Cukup sekian penjelasan untuk beberapa bulan ini membiarkan blog dihinggapi sarang laba-laba.

Well, bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan rakyat Indonesia bulan Agustus 2018, aku berkesempatan buat jalan-jalan ke Bandung. Ini salah satu goals yang ada di hidupku semenjak nonton Petualangan Sherina. Tapi sayang aku gak ke kebun teh dan ke planetarium, gak diculik juga, apalagi dicium di kening, enggak, kesel.

Sekitar jam lima sore udah jalan ke stasiun Gambir dari Kemang LPPI. Udah prediksi bakal macet banget karena mau pembukaan Asian Games dan beneran pas di Monas lagi macet-macetnya. Sampe Gambir sudah jam tujuh gitu. Perjalanan ke Bandung dari jam delapan sampai di bandung sekitar jam sebelasan dan langsung ke penginapan. Aku nginap di komplek 23 Paskal, komplek bukan sih namanya, ya pokoknya, yaitulah, di Hotel Yellow. Denger namanya aja aku sudah seneng, dan pas sampe kamar tambah seneng. Pertama wangi kamarnya lemon, sabun dan peralatan mandinya juga wangi lemon, semua barang-barang warnanya kuning, dan terakhir aku dapat jatah kamar sendirian, yang mana di dalamnya ada dua kasur, yang artinya aku bisa pake kasur sebelah buat ngejentrengin jilbab. Kamar mandinya cuma ada shower, tapi gede dan ada pemisahnya antara shower dan wc, aku sih gak masalah, adapun bathtub gak bakal aku pake karena takut kelelep.

 

Emang gak terlalu banyak space, termasuk hotel-hotel minimalis tapi aku suka sih, yaudah.

 

Paginya aku sarapan di hotel, menunya lumayan lengkap walaupun kalo dari rasa kurang. Tapi yaudah aku suka desain hotelnya. Eh iya lagian di Yellow Hotel juga ada kolam renangnya buat kalian yang hobi berenang dan bisa berenang, kalo buat orang kayak aku yang pake bathtub aja takut yaudah mending berdzikir aja di kamar.

 

subuh-subuh bukannya solat, berdzikir, dan bertawadhu malah berenang.

 

Terus setelah makan, aku dan rombongan diajak jalan-jalan keliling kota bandung pake Bandros (Bandung Tour on Bus), ini semacam bis terbuka gitu, aku ada fotonya, tapi gak terlalu kelihatan karena ada aku dan rombongan di depannya.

 

jangan risau teman-teman, yang dibelakang kami itu Bandros bukannya teras warung orang.

 

Lalu kami diajak jalan-jalan yang mana banyak rute jalan yang ditutup karena ada acara lomba 17an. Jadi yang seharusnya ngelewatin gedung sate dan jalan asia afrika lebih dulu malah langsung ke Teras Cikapundung BBWS. Di Teras Cikapundung BBWS sebenernya kayak taman biasa, biasa sekali. Pohonnya juga gak begitu banyak jadi panas, yang beda cuma ada kolam ikan yang suka makanin daki. Jadi banyak yang masukin kaki ke kolam dan teriak-teriak penuh hawa nafsu. 

 

di Bandung jarang banget foto-foto

 

ingin menjadi si manis jembatan merah

 

Setelah dari taman nan gersang yang terlihat nan teduh, aku berjalan kaki ke Forest Walk Babakan Siliwangi. Nah ini baru tempatnya teduh, seneng sih seharusnya. Kalau saja aku gak perlu diburu waktu buat ke lokasi selanjutnya. Makanya suka kesel kalo ikutan trip grombolan yang leadnya bukan aku. Seharusnya aku bisa duduk bercengkrama dengan burung-burung yang berterbangan, daun-daun yang berguguran, angin yang berhembus pelan, tapi tidak dong, buat foto-foto aja tidak sempat, buat makan cilor aja musti cepet-cepet. Yah kalian bisa searching sendiri ya. 

Dari Forest Walk Babakan Siliwangi langsung menuju ke Saung Ujo. Saung Ujo apaan pid? Silahkan searching aja di artikel yang lebih lengkap. Soalnya aku males buat cari tau. Yang jelas disana banyak angklung, dari angklung yang doremi sampe angklung yang tradisional. Sebenernya Saung Ujo tempat buat istirahat dan makan doang sih, sekalian dapat pertunjukan angklungnya. Selain itu aku gak keliling kemana-mana. Nah pas pertunjukan angklung juga bisa ngelihat pertunjukan wayang golek. Sebenernya wayang golek kan sama ya kayak wayang kulit yang berjam-jam, kalo ini cuma beberapa menit, sayang banget, padahal aku suka lihat begituan walaupun gak paham. Terus habis pertunjukan wayang golek, pertunjukan anak-anak menari daerah dari Sabang sampe Marauke. Nah setelah nonton tari-tarian, baru deh kita diajarin main angklung. Seru sih, apalagi buat laki-laki yang adem ngeliat teh Lia.

 

acara wayang golek yang hadir hanya untuk sesaat

 

Dari saung ujo, jalan ngelewatin gedung sate dan jalan asia afrika. Dan akhirnya ngebaca langsung mural kutipan ayah pidi baiq yang ada di Bandung. Ke gedung sate cuma buat foto doang, buat laporan para panitia ke atasannya. Mantep

 

Gedung sate, gedung bersejarah yang hanya dijadikan tempat foto doang. Mantep.

 

Dari perjalanan nan panjang langsung pulang buat istirahat bentar dan lanjut ke tempat makan buat gala dinner. Karena makanannya mahal dan lokasi serta rasa makanan yang biasa saja jadi aku gak mau ngebahas.

Paginya siap-siap checkout dan jalan ke lembang. Karena diprediksikan bakal macet dan emang macet jadi pulangnya gak boleh kesorean. Rencananya kalo sempet bakal ke dua lokasi yaitu Floating Market dan Farmhouse. Tapi ternyata tidak cukup jadi cuma ke Floating Market. Di Floating Market, tempat yang bagus menurut aku malah taman bunga-bunganya dan rumah mini, untuk floating market biasa aja. Aku pikir bakal bisa naik perahu dan belanjanya diantar perahu kayak di Banjarmasin, tapi tidak, jadi semacam rumah panggung doang.

 

apakah aku di negeri sendiri?

 

Tiket masuk jangan dibuang ya soalnya bisa ditukerin minuman. Outlet minumannya ada di depan pintu masuk kota mini. Kalo mau berjelajah jangan terlalu banyak rombongan ya soalnya bakal lama di nunggu foto-foto doang.

 

Minum yang anget, biar entar ada yang angetin.

 

Disini kalo yang gak suka panas bisa berteduh di bawah pohon pinus. Terus aku ada ambilin buah pinusnya, soalnya kalo yang aku dapat biasanya belum mekar, ini mekar dan bagus-bagus, tapi dihilangin sama temen ku dong. Kesel. Checklist hidup di dunia ini udah hampir lengkap setelah aku berfoto diantara bunga-bunga.

 

bunga desa diantara bunga-bunga nan indah

 

Setelah dari Floating Market pulang dan nyempetin makan di Rumah Makan Pengkolan, hmm kalo gak salah namanya. Prasmanan dan rasanya enak, pelayannya juga baik dan ramah. 

Yasudah segitu dulu trip yang singkat. Yang bikin bahagia karena jalan sama orang-orang yang bikin pingin ketawa tiap saat. Masih ada checklist lokasi buat di Bandung semoga bisa kesana lagi dan nulis lagi. Bye.