Random Talk
Bye, 2019!

Aku tau ini sudah hampir 2021 dan aku baru mau nulis soal 2019 dan aku udah lupa mau nulis apa.

2019 full aku tinggal jauh dari orang tua. Di bulan September memang aku bisa balik ke Kalimantan, tapi tetep aja jauh karena penempatan di Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, 9 jam dari Samarinda. Naik Darat dengan perjalanannya yang mendaki-daki, meliuk-liuk, bergelombang, dan ugal-ugalan. Ada pesawat tapi sering cancel dan cuma sekali penerbangan.

Pindah ke Kutai Barat nyatanya lebih berat dari setahun di Jakarta. Merasa semakin jauh dari orang tua dan hidup benar-benar sendiri. Gak punya keluarga atau teman dan memang gak ada bayangan. Selain sedih karena membayangkan kehidupan ku kelak disana. Kondisi bapak yang semakin drop juga bikin kepikiran. Banyak yang memperkirakan umur bapak dan lain-lain. Pas dapat SK, aku nangis sejadi-jadinya. Hampir dihadapkan pilihan resign atau jadi anak durhaka. Aku yang belum siap dikutuk atau jadi pengangguran dan akhirnya cuma bisa nangis doang.

Mungkin ada yang bilang cengeng atau berlebihan. Bodo amat. Tapi sesungguhnya dibalik kesusahan pasti ada kemudahan. 

Hal yang pertama aku lakukan setelah gak ada kemungkinan buat pindah penempatan adalah menghitung sisa gaji dan disanggup-sanggupin buat pulang setiap bulan. Tapi semua itu luluh lantak begitu merasakan nikmat perjalanan Samarinda-Sendawar 9 Jam yang rasanya gak berkesudahan seperti sinetron Cinta Fitri. Walaupun akhirnya tetep pulang tapi gak pernah pulang modal sendiri, pasti karena ada urusan dinas atau nebeng sama Bank lain yang pulang-pergi Samarinda - Sendawar.

Selain berat di perjalanan, biayanya juga mahal kalo mau yang nyaman. Aku pernah supaya sisa uang perjalanan dinas banyak, jadi pake travel biasa. Duduk di kursi tengah dengan bawaan dua karung durian. Mantap bukan.

Disana aku tinggal di rumah dinas bekas pegawai juga, lumayan uang reumberse bisa buat ditabung. Rumah pertama ada AC, TV, Kasur sama Sofa, kamarnya ada dua, cuma di dapur gak ada wastafelnya jadi kalo nyuci di luar. Sebenernya rumah ini kebesaran buat aku yang hidup sendiri, tempatnya juga sepi. Kanan sudah hutan. Didepan cuma ada satu rumah gede. Dan komplek kontrakannya sepi. Entah kosong. Entah karena emang sepi aja gitu sampe jarang banget abang abang jualan lewat.

Pertama kali pindah udah gak betah, karena rumahnya gak sempet dibersihin sama yang punya kontrakan jadi kotor banget. Paling parah di bagian dapur sama halaman belakang. Bagian dapur banyak lemak numpuk atau minyak gitu sampe warna biru dan bagian belakang banyak sampah berserakan. Sampahnya masuk ke selokan dan bikin selokannya buntu. Karena kesal jadi aku milih buat bersihin dengan dua tangan yang dibungkus plastik. Banyak sampah gak masuk akal kayak popok, baju, bahkan selimut. Makanya aku benci nyuci baju atau piring diluar, apalagi jemur baju diluar, jadi aku pasti loundry dan buat seragam aku jemur di depan rumah karena harus cuci sendiri.

Nah karena sewanya habis di bulan Desember, aku memutuskan untuk pindah rumah. Selain karena alasan diatas, kemahalan juga jadi alasan buat nerusin sewanya.

Cari rumah murah yang mantap dan nyaman gak gampang di sana. Ada yag nyaman tapi mahal, ada yang murah tapi gak nyaman. Setelah cari sana-sini, dibantu temannya adik tingkat pas kuliah, aku nemuin rumah yang pas. Kompleknya bersih. Dan harganya masih masuk akal. Dapat satu kamar dan ada bagian dapur yang ada wastafelnya walopun jarang aku pake karena sering makan diluar, bahkan mejikom cuma dipake buat manasin makanan sama buat mie.

Sebenernya komplek ini lebih banyak rumah penduduk. Tapi tetep aja sepi. Dan gak ada abang-abang jual makanan yang lewat.

Karena tempat jemurnya bersih dan karena udah bayar sewa rumah sendiri jadi aku kadang nyuci baju sendiri dan ini awal mula tragedi parabola. Aku suka kayak 'Ah nanti aku cuci' sampe numpuk dan akhirnya aku musti cuci malam-malam. Karena aku pemalas buat jemur malam-malam diluar jadi aku jemur didalam. Nanti tetesan airnya bisa aku pel. Awalnya aku pake jemuran kecil besi yang aku beli tapi karena kalo terlalu numpuk jadi susah kering. Aku memutar otak. Aku lihat ada kabel tv yang menjuntai dari fentilasi kamar ke fentilasi pintu depan. Secara goblok aku pake buat jemur cucian yang masih basah. Awalnya cuma satu dua baju. Lama lama agak banyak.

Hal goblok ini yang membuat pagi ku terkejut. Ada parabola yang hampir jatuh dari genteng. Karena ternyata kabel TV itu nyambung ke parabola, mungkin muak keberatan jadi dia milih buat jatuh. Tapi gak jatuh sih, lebih tepatnya ngegelantung dan sewaktu waktu bisa jatuh. Sumpah, selain takut kena marah sama yang punya kos. Aku juga takut pas lewat gitu sekalinya rubuh terus mati kegencet parabola.

Tapi Alhamdulilah, gak lama SK penempatan baru keluar di bulan Februari dan ditempatkan di Samarinda. Waktu yang ternyata cukup singkat. (Aku tau Ojan kalo baca ini pasti ngecie-ciein)

Disana kehidupan kerasa cepet karena aku gak punya waktu buat bengong-bengong di teras rumah sambil minum teh, baca buku, ngeblog, baca webtoon, atau apapun. Senin - Minggu ku habis buat dikantor. Merasa sangat diperlukan dan aku senang. Ketemu orang-orang baik.

Mas Indra yang aku ingat banget membuat perasaan ku lebih baik dibeberapa situasi. Situasi pertama ketika aku yang anak baru ini salah mengerjakan sesuatu, Mas Indra yang sabar ngajarin dan bantuin. Apalagi Mas Indra ini yang pertama kali buat aku ngerasa dipercaya. Ketika aku ngerasa gak percaya diri. Seminggu setelah Ojan pulang ke Samarinda aku suka sedih, insecure, dan nangis karena ngerasa gagal dan gak becus. Nah Mas Indra satu-satunya temen dan aku percaya waktu itu. Misalnya ketika tiba-tiba ada konflik kantor, dia yang percaya aku gak salah dan kemudian mau nemenin marketing dikala semua orang pada gak mau.

Devy ngaku diawal dia gak percaya sama aku, bahkan ada kejadian yang bikin aku musti pulang malam dan kebingungan karena saling gak percaya itu. Tapi berjalannya waktu aku jadi deket sama dia. Paling seneng kalo piket Sabtu-Minggu bareng dia, bisa jalan dan jajan habis itu. Dikantor juga paling sering ngobrol dan ketawa-ketawa bareng dia. Devy ini kalo udah ngegosip mirip sama Ibu-Ibu di Sinetron Hidayah. Meyakinkan.

Ryan adalah orang yang cuek dan paling gatau apa-apa soal gosip Kantor. Makanya pas ada konflik kantor, aku paling banyak curhat sama Ryan. Ryan juga suka curhat tentang pacar yang udah jadi mantan, atau cewek yang dia deketin. Dan akupun curhat soal Ojan ke Ryan. Dia juga yang pertama tau kalo aku dilamar.

Wahyu, adik kecil yang sudah akhil baliq. Dari kesemua orang di Sendawar, dia yang paling tau ceritaku. Seluruh kunci kehidupanku ada di Dia.

Selain itu masih banyak lagi. Imam yang bantu aku belanja buat isi rumah setelah di tinggal Ojan pergi, bahkan dia yang lihat aku nangis dan gak banyak tanya langsung nurut aku suruh antar pulang. Cici, Nur, Habibi, Henry, Ari, Mbak Mo, Mbak Nia, Mas Ihot, dan lain-lain. Panjanglah kalo aku jabarin satu-satu dan sebutin satu-satu.

Dan checklist kehidupan salah satunya sudah kecentang yaitu Bisa Naik Motor. Berbekal motor scoopy yang dikirim pake kapal, untuk pulang-pergi aku naik motor sendiri. Dengan was-was selalu aku bisa mampir-mampir buat beli makan, atau belanja cemilan, bahkan ke pasar malam. Di Sendawar juga untuk pertama kalinya aku ketemu babi hidup yang dipelihara dan yang gak dipelihara, walaupun itu bukan checklist kehidupanku tapi aku histeris. Bahkan didepan gang rumah ada yang jual Babi. Pagi pagi udah ketemu kepala babi aja.

Kutai Barat punya banyak lokasi wisata yang bagus, yang alami dan buatan. Buatan ini semacam mereka bikin kolam terus bikin tempat wisata sendiri. Untuk tempat wisata alami beberapa kurang terawat jadi yagitu ada sampah sampah yang berserakan. Tapi tetep sih bagus. Tempat yang paling aku suka danau aco. Datang kesini pagi-pagi dan masih sepi. Cocok buat tempat melamun sendiri sepi bunuh diri. Terus aku juga suka jalan yang ada disana. Besar luas tapi sepi. Mau jalan barong-melak lewat jalan yang besar atau yang kecil juga bagus. Jalan barong-tering juga bagus. Bisa jadi hal yang paling dikangenin ada jalanan disana. Kalo aku mood bakal buat postingan terpisah.

Anw, di Sendawar selain belajar bener-bener Mandiri sampe bisa naik motor sendiri, aku juga belajar bersyukur. Bersyukur untuk segala pencapaian dalam hidup dan kemampuan diri. Aku sempet nangis perihal yang menurut ku gak adil, perihal yang membuat aku down dan insecure. Merasa tidak dihargai dan sia-sia. Tapi pada akhirnya aku sadar keselahan terbesarku, aku menggantungkan harapan pada manusia, aku terlalu berekspetasi, aku terlalu lengah dan santai, dan akhirnya kecewa pada diri sendiri. 

Seseorang yang mendukung aku bahkan ketika aku melakukan kesalahan terbesar adalah Ojan. Ojan yang menguatkan aku, yang meyakinkan aku bahwa segala hal bukan salah ku dan bukan kesalahan, dan aku gak perlu kecewa, insecure, dan down. Ojan ngedukung aku bahkan setelah kesalahanku fatal. 

 

Dan akhir kata aku dilamar Ojan di tanggal 13 Januari 2020. Kalian harus tau bahwa aku bahagia sekali. Sekian