Films
Star Wars: Episode VIII - The Last Jedi (2017)

Halo, bulan ini aku paling banyak nonton. Mungkin gara-gara kerjaan yang aku kira udah beres (sekalinya belum) dan bridging yang akhirnya udah selesai. Gak kerasa bridging lama banget dari awal tahun sampe sekarang. Dari deket banget sampe kerasa jauh. Eh bentar aku gak mau curhat. Well, aku mau bahas film Star Wars, minggu lalu sih nontonnya tapi sumpah kerasa hopelessnya sampe sekarang. Kampret banget filmnya. Eh boleh ngomong kampret gak sih?

Aku bukan penggemar Star Wars. Apa itu Jedi? Jeday? Jepit Baday? Han Solo? Kok ada manusia pake topeng robot gitu supaya apa padahal bukan ironman? Kok pedangnya bisa kayak lampu led kios minuman? Kok ada monster gorila? Sumpah aku bener-bener gak tau apa-apa soal star wars. Aku cuma pernah denger namanya. Sering. Tapi itu spesis apa aku juga gak paham.

Aku pernah nonton film sebelumnya yang The Force Awakens, karena diajak dan tertarik sama Iko Uwais dan Yayan Ruhian yang mati dimakan monster. Sedih banget. Padahal kalo di Indonesia jadi jago. Setelah itu filmnya kurang wow sih. Biasa aja. Jadi aku gak terlalu berharap sama The Last Jedi. Btw dipertengahan ada The Rogue One. Itu masih Star Wars ya? Apaan kok pemainnya beda, ceritanya beda gitu.

Menurut aku pribadi, The Last Jedi film yang berhasil bikin aku hopeless sepanjang masa. Sebenernya filmnya bagus, jalan cerita masih bisa diikutin, filmnya gak semurahan Justice League sih haha. Tapi bayangin dari menit awal aku sudah dibikin hopeless sama banyaknya anggota Resistant yang mati. Mereka sudah koloni kecil dan semakin sedikit jagoannya. Ini semacam keinget serial tv The Shield waktu Ward berkhianat dan banyak penghianat Hydra di dalam Shield yang bikin Shield hancur dan gak punya markas.

Gak cuma sampe disitu, twist di film ini bikin aku mendadak tambah hopeless gak punya tenaga dan dalam hati berteriak 'Ya Tuhan cobaan apalagi yang Engkau berikan pada anggota Resistant yang isinya gak lebih banyak dari seiket bayem.' ya walaupun kita jadi belajar 'Woy jangan sok tau!'

Seinget aku di film sebelumnya Resistant sudah kayak menang gitu terus dia awal film First Order udah mau nyerang Resistant. Sebenernya ada keterangannya gitu, cerita sebelumnya supaya kalian gak kesesat kayak aku karena aku pas baca cuma kayak masuk lewat mata kanan keluar lewat mata kiri.

Sampe nanya temen aku terus 'Jam berapa ini?' "Berapa jam lagi sih?' ngecek hape mulu. Karena udah hopeless. Aku berharap cepet ending supaya aku bisa lihat akhir yang bahagia.

Apa akhirnya bahagia?

TIDAK

Kita masih disuguhi ke-hopeless-an yang amat sangat. Koloni pemberontak kecil yang gak ada dukungan dari sekutu, gak punya kapal besar cuma ngandelin kapal curian yang udah kena tembak, jumlah koloni yang tambah dikit, musuh yang lebih kuat dan belum mati, Jedi yang masih perlu belajar.

Aku penasaran apa ini film bakal ada lanjutan lagi setelah semua lagend Star Wars mati begitu mudah dan bersisa Leia yang keriput dan tiada daya upaya. Film ini masih bisa dinikmatin kok. Aku bisa kasih nilai lebih tinggi kalo seandainya habis nonton ini aku bahagia dan gak ngerasa seputus asa ini.

Keylo Ren bilang 'Let the past die. Kill it, if you have to. That's the only way to become what you are meant to be.'

Apa ini tanda filmnya bakal dilanjutin dengan tokoh-tokoh yang baru. Lupakan Han Solo, Luke, Snoke. Mari mulai awal yang baru. Sotoy. Haha

Anw, kalo kamu mau nonton film ini tolong siapkan mental kamu buat ngerasin hopeless selama dua setengah jam.

 

No one has really gone