Trip
Hallo Jogja!

Bentar, sebelum ngobrol lebih jauh lagi, ini yang bener Jogja atau Yogya sih? Yaudah Jogja aja dulu, kalo salah maafkan nanti direvisi.

Awal tahun 2017 aku dapat kesempatan buat bertandang ke Jogja. Seharusnya ini bakal jadi liburan panjang selama 6 hari, tapi musti refund seminggu sebelum berangkat karena ada kejadian mendadak. Setelah dibujuk sama temen, akhirnya aku nyusul di hari minggunya, apalagi dibayarin tiket pulang-pergi. Bahagia sekali.

Jadi hitungannya aku cuma datang hari Minggu dan hari Rabunya balik ke Samarinda. Liburan yang singkat.

Katanya sih mereka pas pertama datang ke Mall Ambarukmo sama Alun-alun. Terus hari Sabtunya ke Karst Tubing Sedayu, Kalibiru, dan Pantai Parangtritis. Yang aku sedih sih karena gak sempet nyobain lompat dari tebing. Padahal udah siap sama kaca mata renang hasil pinjaman dan teknik lompat hasil dari Google.

Aku datang pas hari Minggu di jemput sama Ojan yang drama habis. Jadi pas sudah sampe Jogja aku langsung hubungi dia minta jemput dan dia bilang kalo lagi di Borobudur masa, lah Borobudur kan diluar Jogja ya, dan berapa jam perjalanan. Padahal sebelumnya aku sudah yakinin dia bisa jemput apa enggak. Dia suruh aku nunggu di Bandara karena dia juga baru nyampe. Asli kesel dan mau nangis jadi satu. Sudah hubungin beberapa temen di Jogja buat ketemuan. Dan pas lagi marah-marah sekalinya dia jemput aku sambil senyum-senyum dan bilang 'Nyaman marah-marah.' Rasanya mau nempelin mukanya ke pintu kaca Bandara biar mukanya jadi rata.

Dan seharusnya langsung nyusul temen lainnya ke Borobudur tapi karena mereka gak jadi ke Ratu Boko kita disuruh buat ke Prambanan, katanya kejauhan kalo nyusul ke Borobudur dan mau ketemuan di Prambanan. Sempurna banget liburan kali ini. Dibikin kesel sama Ojan dan diajak tiduran di parkiran Prambanan sambil mijetin punggung Ojan yang pegelnya gak sudah-sudah. Pas senja dan udah diumumin kalo komplek Candi mau ditutup baru si Ojan ajak masuk. Gak nyesel sih karena senja di Prambanan bagus banget. Seandainya datang sama cowok romantis pasti bahagia banget, bukannya sama cowok yang sibuk donut selfie terus. Harga tiket masuk ke dalam kawasan candi 40.000 untuk satu orang dewasa. Harga yang setimpal dengan kebersihan dan kerapian kawasan candi. Aku gak ke ngelihat toiletnya sih, tapi sepanjang jalan susah nemu sampah bungkus ciki bahkan permen yang berserakan. Selain bangunan candi, kita juga bisa lihat rusa, kasih makan rusa, dan main panahan. Mungkin ada lagi kali yang lainnya, tapi aku gak perhatikan karena udah kesorean dan Ojan bukan orang yang suka jalan-jalan kayak aku.

 

 

Pada akhirnya, aku sama temen-temen yang lain ketemuan di Malioboro. Malioboro ni tempat yang rame banget. Heran aku. Harga makanan di sana setahu aku mahal, minuman botol yang dijual juga lebih mahal dari harga minuman di Kantin Kampus, bahkan harga baju buat oleh-oleh di sana lebih mahal tiga kali dari harga di Pasar Beringharjo. Apa ya. Mungkin seperti Katon Bagaskara dan Adhitia Sofyan ada sesuatu yang istimewa di Jogja. Pengamennya totalitas sekali, kayaknya kalo cuma modal gitar sambil nyanyi 'Aku yang dulu bukanlah yang sekarang' gak bakal laku deh. Sepanjang jalan Malioboro di depan Mallnya, disediakan tempat duduk gitu. Dan ini kejawab sih waktu aku jalan sendirian di Malioboro pas malam terakhir karena takut besoknya gak sempet cari oleh-oleh. Jalan kaki dari Malioboro sampe ketemu ATM BTN yang jauhnya bikin elus dada (ini kenapa aku pindah Bank) gak berat, orangnya ramah, satpamnya ramah, pengamen yang nunjukin jalan juga ramah. Padahal muka aku keliatan gampang dibegoin.

Ngelihat aku yang mau beli daster dan duitnya gak cukup padahal udah di tawar sampe dua kali masih bisa dikurangin (walaupun pada hakekatnya kalo sabar dan nyari di Pasar Beringharjo lebih murah). Pas lagi capek banget dan bawa banyak barang belanjaan, ada aja yang ngasih kursi buat duduk. Pedagang minuman yang mau nerima duit receh karena duit udah habis. Dan kenapa sih plang nama jalan Malioboro yang ada di beberapa titik selalu penuh orang foto-foto. Mungkin ini semacam icon kalo ke Malioboro. Bahkan temen ku ada yang bikin foto di plang nama jalan Malioboro jadi tujuan dia kesini.

 

 

Hari kedua di Jogja, aku pergi ke Kaliadem sebelum subuh. Kaliadem ni lerengnya Gunung Merapi. Kalo kalian punya duit lebih banyak bisa sewa jip atau nyoba off road gitu biar kalo foto bisa lebih oke. Ini tempat keren kalo dibuat nginep, walaupun dinginnya bikin gigi sama bibir temenku gerak-gerak sendiri. Beruntung aku pake baju sama jaket tebel jadi gak kerasa dingin sama sekali. Kalo malam kita bisa lihat bintang sama lampu-lampu kota gitu, terus paginya bisa lihat matahari terbit. Pemandangan Gunung Merapi dan bekas-bekas erupsinya juga keren banget.

Kaliadem ini ada Bunkernya gitu tapi sayang katanya Bunker ini gak berfungsi sama sekali. Bahkan ada dua orang yang berlindung di dalam Bunker ini malah meninggal. Ada yang bilang Bunker ini masih kerasa panas gitu. Aku yang penakut ini gak berani mendekat sama sekali sih. Btw kalo mau dapat background Gunung Merapi yang bagus bisa disini. Tunggu matahari agak naik, biar Gunungnya gak kehalang awan dan langitnya warna biru.

 

 

Terus dari Kaliadem, mampir buat cari sarapan. Btw, aku gak biasa sarapan, dan aku rada mual makan nasi uduk. Suatu kesalahan banget sarapan dan makannya nasi uduk. Nasi uduk pinggir jalan harganya murah banget, sesuai sih soalnya satu porsi dapat suiran ayam sama potongan telur dadar. Bisa nambah gorengan dan minumnya teh panas. Enak sih walaupun aku cuma minta dua sendok makan aja nasi uduknya.

Setelah mandi, siangnya jalan lagi ke Taman Sari. Taman Sari ni apaan sih? Ternyata Taman Sari ini dulu tempat mandinya Raja sama Ratu. Ada kolam besarnya dan kita bisa temukan kloset jongkok jaman dulu di dalam bangunannya. Untung sudah gak kepake lagi ya. Eh sudah gak kepake kan?

Harga tiket masuk cuma lima ribu dan tambahan dua ribu buat yang bawa kamera. Yang digandrungi wisatawan terutama kaula muda buat foto-foto itu berada di tengah tangga antara pintu-pintu gitu dan difotoin dari atas dengan gaya ala-ala anak masa kini. Yang aku tidak foto karena aku hanyalah amparan tatak yang tiada punya kamera bagus bahkan kamera hape udah burem kayak kertas coretan.

 

Photo by : Reservasi Travel Blog

 

Taman Sari tempat yang fotoable banget. Banyak spot yang bisa kalian jadikan tempat foto supaya feed kalian terlihat aesthetic. Walaupun aku rada bingung karena komplek Taman Sari ini kecampur sama komplek rumah warga. Entah Jogja yang semakin padat atau warga disini bukan dari kalangan yang biasa.

Setelah dari Taman Sari, aku beralih ke Hutan Pinus Imogiri. Ini letaknya ada di Mangunan. Nah di Mangunan ini gak cuma ada hutan pinus aja, ada Jurang Tembelan, Seribu Batu Songgo Langit, Pinus Pengger, Watu Goyang, Watu Ngadek, Rumah Hobbit, dan lain-lain. Pokoknya orang Jogja ni kreatif banget bikin tempat wisata. Kalo kalian mau datangin semua tempatnya gak cukup kalo cuma tiga-empat hari. Dan karena waktu yang mepet, udah kesorean, jadi kami cuma nyicip ke Hutan Pinus Imogiri.

Tempatnya bagus. Adem banget. Bagus kalo meditasi. Ada ayunannya juga, cocok buat main berdua sama pasangan, kecuali kalian punya pasangan kayak Ojan yang aku dilempar sampe tinggi-tinggi, awalnya seru, nagih tapi habis itu mau nangis.

Dia kayak ada panggungnya gitu. Terus ada meja lingkarnya juga. Oh iya temen aku sebelumnya datang pas sore habis hujan, dan dia dapat pas hutannya berkabut. Serasa kayak Edward Cullen di Twilight.

 

Photo by : Farras Perdana

 

Besoknya kami baru jalan agak siang. Pertama singgah ke Keraton. Kalo siang bisa lihat pertunjukan musiknya. Kalo mau pake guide bisa sewa buat ngejelasin sejarahnya. Disini banyak bangunan yang aesthetic juga buat foto-foto. Dan ada beberapa tempat yang mistis. Temen ku nyuruh aku jaga sikap, padahal mereka kalo ketawa suka gak ingat tempat. Abdi dalemnya ramah, ada beberapa yang duduk di halaman, ada yang nunggu di dalam gedung. Pernah aku kaget, aku kira patung sekalinya gerak, ada juga aku kira orang sekalinya patung. Hidup ini sangat membingungkan. Kawasan Keraton cukup luas, banyak banget barang-barang yang dimuseumkan. Yang aku suka pas lihat bagain silsilah keluarga. Asli banyak banget. Aku mau mulai bikin silsilah keluarga deh biar nanti bisa diterusin ke anak cucu. Siapa tau kan di masa depan keluarga ku jadi orang penting di dunia.

 

 

Habis dari Keraton aku pergi ke XT Square, tujuannya mau ke De Mata Trick Eye Museum. Ini semcam tempat yang buat foto ala-ala 3D dan foto sama patung lilin tokoh terkenal. Harga tiket masuk sekitar 40.000 - 100.000 kalo gak salah ingat, ada beberapa macam gitu pilihannya. Ini bisa jadi surga buat penggila foto, sayangnya aku orang yang pemalu yang kaku depan kamera. Menurut aku foto di bacground 3D begini tergantung kamera, editan, angle foto, yang foto, dan modelnya. Salah-salah bisa aneh banget bentuknya. Terus karena kemaren udah bahagia denger mau ke Pantai Kidul tapi gak jadi karena kejauhan dan akhirnya kesini, jadi rada sedih gitu. Di daerah Kidul juga banyak tempat yang bagus-bagus.

 

'Bentar, bentar, bapak ini namanya siapa ya?', tanya Pidi dengan raut penuh curiga.

 

Well, dari sini Ojan ngegas banget buat ke The Lost World Castle. Tempat wisata baru yang ada di daerah Sleman. Jauh sih. Cuma si Ojan maksa, dan mukanya udah gak enak gara-gara yang lainnya kelamaan foto-foto. Ojan tau tempat ini dari Kak Frey yang gak ikutan jalan karena lagi kerja. Terus penasaran kan kenapa sih Ojan ni ngebet banget. Bahkan di Jalan hujan lebat. Aku yang gak punya jas hujan ini disuruh pake jaket. Untung aja gak bawa jaket, jadi dia musti pergi keluar (agak jauh) buat belikan jas hujan. Kasihan sih. Tapi tega bener juga kalo disuruh hujan-hujanan apalagi di tinggal di masjid. Ke tempat ini cuma buat menuntaskan nafsu duniawinya Ojan aja. Ya bagus sih emang tempatnya. Apalagi bisa dapat pemandangan Gunung Merapi. Tapi percuma kalo kamu datang pas hujan-hujan dan udah gelap. Mau ngapain?

Oh iya disini juga banyak tambahan buat tempat foto kayak bediri supaya backgroundnya awan, semacam tangga ke surga gitu, dan lain-lain. Walaupun sebenernya aku kurang suka karena lagi-lagi yang begini ini tergantung kamera, editan, angle foto, yang foto, dan modelnya. Salah-salah bisa aneh banget bentuknya. Aku cuma foto di menaranya, dengan muka lecek, bersabar sama sepatu yang kerasa banget basahnya, celana yang kebes, dan dingin yang kayak ngetuk ngetuk tulang lutut aku.

 

Dan karena inilah Ojan ngebet banget mau kesana. Dia juga mau ngerasain duduk di Iron Thrones KW. Semoga Ojan bisa jadi Raja yang bijak. Jangan ngambek lagi ya. Haha.

 

Pulang dari Castle KW inilah aku mengitari Malioboro sendirian karena kunci motornya Ojan ada di kamar ku dan kunci kamar ku ada di Arita dan Arita udah jalan duluan ke Malioboro. Hidup ini riweh guys. Aku ninggalin Ojan yang kelaparan. Untungnya dia sudah dewasa, sudah bisa survive di penginapan sendirian.

Jogja ni kotanya ngangenin ya, banyak kenangan. Kenangan sama Ojan juga nyenengin disini. Aku pulang gak kecewa lagi. Yang tadinya udah capek jadi sayang lagi. Bener kata Adhitia Sofyan 'Mantra apa entah yang istimewa, kupercaya selalu ada sesuatu di Jogja'. Tiba-tiba pingin balik ke Jogja, pingin kesel gara-gara dikira gak dijemput di Bandara, pingin duduk dibawah pohon di Prambanan, pingin lihatin hape Ojan sambil ngambek-ngambek manja (aku alay), pingin dibujuk Ojan buat ke Jogja karena kangen katanya, pingin lagi ngerasain yang sudah lama gak dirasain. Sudah datar katanya. Sudah jangan curhat kataku.