Books
Animal Farm - Goerge Orwell

Buku ini merupakan salah satu buku yang malas aku baca. Sempat baca empat-lima halaman tapi udah ngerasa buku ini gak cocok dan bukan buat aku. Salah satu yang bikin malas karena banyak bermunculan kosa kata yang aku gak tau artinya, mau gak dihiraukan nanti kacau di cerita selanjutnya, mau dihiraukan mulu bakal bete baca-google-baca-google, btw aku emang pengguna google translate versi web sekali. Tapi karena keteguhan iman yang pada masanya pingin banget upgrade nilai TOEFL akhirnya aku selesai baca bukunya sampe habis. Anw, ternyata setelah diikuti ceritanya aku jadi suka. Jadi ada dorongan buat baca bukunya terus-terusan.

Aku beli buku ini di hestekbuku kalo mau lihat koleksinya bisa lihat di instagram ybs. Dia jual buku bekas sama buku baru impor gitu. Nah untuk buku ini pas aku beli ada spesial package gitu buat yang masih belajar bahasa Inggris. Jadi dapat buku yang bahasanya Inggris sama terjemahannya ke bahasa Indonesia. Walaupun sampe sekarang gak kebaca buku terjemahannya.

Seperti yang udah aku bilang, buku ini awalnya gak menimbulkan minat baca. Tapi pas sudah baca, kamu susah buat berhenti baca. Pas baca sinopsisnya keinget sama film Chicken Run yang si Chicken ini punya misi buat ngebebasin diri dari peternaknya yang suka mengintimidasi ayam-ayam disana. Well gak jauh beda. Animal Farm punya misi buat merebut tanah perkebunan milk Mr. Jones, mereka pikir bakal hidup lebih bahagia. Telur-telur ayam banyak yang netas, kalo musim dingin bisa lebih hangat, bisa minum susu, dan bayangannya yang lain.

Man is the only creature that consumes without producing

Ceritanya gak panjang, gak sedrama Chicken Run yang isinya how to, ini lebih ke how after. Hanya dengan satu nyanyian pada satu malam akhirnya Manor Farm berubah menjadi Animal Farm dengan 7 rules. Awal yang bahagia buat para hewan yang kebanyakan kurang pintar. Dan setelah rencana pembangunan Windmill semuanya berubah. Hewan yang kurang pintar jadi gampang di hasut, dan the poor Snowball akhirnya dilengserkan dan pergi entah kemana dari Animal Farm. Ini yang bikin aku pingin bilang 'Seriusan nih?' ke George. Mungkin dia emang bener-bener mau fokus ke inti ceritanya yang hanya 122 halaman.

Buku ini bikin aku gerigitan, hewan-hewannya bener-bener gampang dimanipulasi. Walaupun udah ada yang ngerasa kalo kepemimpinan Napoleon gak bener. Ini bener-bener ngingatkan aku sama pemilihan Gubernur saat ini, sudah tau banyak masalah yang gak selesai dan malah nambah banyak masalah, kok ya mau dipilih lagi tu gimana. Gak mau milih A karena gak seiman, karena bukan suku asli, karena A, karena B, yang pada akhirnya terjerumus pada kesalahan yang sama.

Sampai pada akhirnya Napoleon mati ketika lagi mabuk-mabukan, itu yang aku tangkap sih. Maafkan kalo salah. Napoleon diceritakan pada akhirnya merasa curiga dan ngerasa diancam sama Snowball, padahal Snowball gak ada lagi di dalam ceritanya. Dan akhirnya kepemimpinan jatuh pada babi-babi yang lain. Jujur ya karena babi ini haram dimakan buat Muslim jadinya aku tambah kesal sama babi pas baca buku Animal Farm. Maafkan daku babi.

Babi-babi yang lain tambah parah. Dari yang kepemimpinan Napoleon 7 rules banyak diubah-ubah dengan membodohi hewan-hewan lainnya, dan kepemimpinan yang baru lebih memperlihatkan kekejaman yang lebih-lebih dari Mr. Jones lakukan.

Yang bikin miris adalah di bagian akhir ketika digambarkan sang babi-babi kemudian berjalan sempoyongan dengan kedua kaki. Melanggar peraturan pertama Whatever goes upon two legs is an enemy. Walaupun pas kepemimpinan Napoleon emang banyak yang diubah karena mereka kerja sama dengan manusia untuk jual beli hasil ternak dan kebun.

Buku ini bener-bener ngegambarin suatu kepemimpinan. Berjuang bersama mendapat kebebasan dan kemudian pada akhirnya sama aja, nothing can be equal. Sudah dapat pemimpin yang bagus tapi dilengserkan gara-gara kena hasut. Sedih ya.

122 halaman yang sangat bagus, yang membuat waktu membaca jadi berkualitas. Jadi pingin beli yang 1984, buku sejuta umat.

ALL ANIMALS ARE EQUAL

BUT SOME ANIMALS ARE MORE EQUAL THAN OTHERS