Music
Silampukau - Dosa, Kota, & Kenangan

Kenal silampukau baru awal tahun 2016 dan jadi sering dengerin pas lagi LDR. Ini lagu yang jadi top track buat nemenin begadang, nemenin kerja, nemenin tidur, nemenin jalan, nemenin galau, dan nemenin yang lainnya. Silampukau ini band indie dari Surabaya mungkin alirannya folk kali ya haha gak tau juga ngasal. Dia ini isinya cuma berdua, soalnya pas pernah jadi bintang tamu di acara Tonight Show mereka berdua aja. Ini btw pengetahuan ku minim banget ya. Nah personilnya yang rambut gondrong itu Eki Tresnowening dan yang satunya lagi yang banyak nyiptain lagu itu Kharis Junandharu.

Menurut aku hal yang bikin dia beda dari band lain yaitu prespektif lagunya bukan lagu cinta melulu suka mendayu-dayu lirik yang sendu-sendu, dia lebih ngangkat cerita sederhana dari Surabaya dan dibumbui lirik puitis. Tentang taman remaja Surabaya, lapangan buat anak-anak main sepak bola yang udah hilang, THR (astaga aku belum dapat THR), para perantau, dan paling oke sih waktu dia ngangkat cerita tentang lokalisasi terbesar di ASEAN yang udah digusur sih. Tapi ada benernya sih di lirik "pelacur dan mucikari kan hidup abadi".

Buat telinga awam yang dari kecil dicekokin lagu golden ways ini enak banget di dengerin. Liriknya juga bagus, banyak makna, sampe gak habis pikir kok orang-orang ini kepikiran bikin lagu begini sih. Terus balik lagi pas aku LDR lagu yang bener-bener mewakili pikiran ku itu lagu Puan Kelana.

 

Ah, kau Puan Kelana,
mengapa musti ke sana?
Jauh-jauh Puan kembara,
sedang dunia punya luka yang sama.

Mari, Puan Kelana,
jangan tinggalkan hamba.
Toh, hujan sama menakjubkannya,
di Paris atau di tiap sudut Surabaya.

 

Dari dulu aku nyari lagu buat ngegambar isi otak aku tapi gak nemu, begitu nemu kok pas begini. Ya begitulah sampe aku sadar kalo Anggur Merlot kastanya jauh beda sama Cap Orang Tua.