Foods
Food Festival Samarinda

Samarinda sekarang lagi gesit-gesitnya ngadain event semacam food festival. Sepertinya karena sekitar tahun 2014 banyak usaha makanan yang rumahan dan outlet kecil gitu bermunculan (ini kalo formal dikit udah kayak latar belakang di skripsi ijk). Terus mulai dari 2015 ada event-event gitu yang pastinya beberapa boot makanan ikutan walaupun gak melulu soal makanan. Nah karena pengunjung lebih tertarik ke makanan yaudah deh jadi himung. Habis mall lembuswana bikin acara makan mania, samarinda square bikin mega food, plaza mulya, scp, sama big mall juga ikutan deh. Belum lagi acara semacam kaltim fair, pameran, dll gitu. Acara semacam makan behimat juga pasti rame. Kalo diikutin mah kantong bisa gajadi jebol karena duitnya pada hilangan, pada pindah tangan ke orang lain.

Tapi aku suka khilaf, apalagi kalo lokasinya deket. Beli-beli habis lebih seratus ribu buat makan sendiri. Nah kadang sih bootnya itu-itu aja, tapi enak sih makanya aku mau list makanan enak di food festival di Samarinda yang pernah aku cobain. Aku jarang sih pindah-pindah. Kalo udah suka sama satu makanan aku bakal beli makanan itu aja. Aku ini tipe setia sih.

 

1. Eat Me

Well, ini makanan yang kayaknya baru pertengahan tahun lalu bergabung sama dunia perkulineran. Awalnya aku nyoba Fire Chicken Cheese, ini kayak ayam digoreng tepung terus di masak pake bumbu pedes gitu terus ada saus cheesenya buat dicocolin, ala korea gitu. Enak sih apalagi kalo panas. Cuma aku lebih suka kalo bagian ayamnya sayap semua. Inikan dicampur gitu, kalo masih punggung sih gapapa, tapi kalo dapat dada itu bikin sedih. Gak suka. Harga Fire Chicken Cheese 30.000, porsinya banyak bikin kenyang, dan ada paket hemat kalo mau sama nasi.

Kalo yang foto di atas itu Ayam Kribo Mozzarella, iya ini lagi himung banget sama keju-kejuan kayaknya. Ayam Kribo Mozzarella ni kayak pop chicken, ayam potong dadu terus digoreng pake tepung gitu nah habis tu di masak pake mozzarella. Duh ini enak banget seriusan. Aku sampe ngelihatin mbaknya yang jual, ada sayapnya gak sih, siapa tau mbaknya malaikat dan ini makanan dari surga. (Alay ya kamu pid (yaemang)) Tapi harganya bikin nangis. 38.000 buat satu cup ayam. Mahal di mozzarella kali ya. Aku beli pasti pake t-cash jadi ada potongannya 5000. Cuma kurang bikin kenyang sih di aku.

 

2. Chicken Bite

Btw, urutan makanan ini bukan dari yang paling enak atau gimana ya, aku random aja. Makanan kedua adalah chicken bite. Awalnya aku beli ini karena ada menu cumi bitenya. Aku adalah penikmat cumi. Dan cumi bitenya enak. Gak alot. Mantep. Yah jangan dibandingin sama sumosquid, enakan sumosquid apalagi yang bumbunya seaweed, top, seaweed terdebest. Nah aku berapa kali nanya ke mbaknya selalu kosong yang cumi bite, jadi akhirnya aku nyoba chicken bite. Namanyakan chicken bite jadi ya pasti ini menu debest kan. Tapi tidak. Tepungnya hambar. Yang karage masih lumayan alot. Terus ayamnya juga hambar. Well buat chicken bite aku mengidolakan cumi bitenya.

 

3. Mr. Pentol

Makanan ini udah mondar-mandir setiap ada event food festival. Dan ow astagah ini enak banget. Ada beberapa farian kayak pentol original, pentol keju, pentol crispy, pentol tahu, pentol telur, apalagi ya aku lupa. Kalo yang favorit aku sih pentol keju, pentol crispy, dan pentol telur. Pentol telurnya pake telur puyuh. Buat harga ada yang 15.000 ada yang 20.000. Yang 15.000 tempatnya semacam gelas kalo 20.000 pake mangkok kayak di gambar. Ya aku pasti beli yang 20.000 cuma next aku mau beli lebih ah. Gak puas 20.000. Ini top. Setiap ke event beginian pasti pesen ini duluan yang bowl, makanya kalo mau nyoba yang lain diusahain gak ketemu boot ini dulu.

 

4. Sate Taichan

Aku tau di dunia ini ada yang namanya sate taichan itu pas ke Jakrta, asli sepanjang jalan ada gerobak bejejer yang jual sate taichan, beberapa sepi tapi ada yang rame banget. Terus karena keseringan lihat itu dijalan jadi pingin, nyari sepanjang penginapan pas di sunda kelapa dapat sate sambel kacang biasa, eits aku hampir kira daging bakar biasa soalnya bumbu kacangnya hampir gak kelihat. Sedih banget mana harga satu porsi 30.000. Nah kan aku OOT. Btw, akhirnya karena penasaran aku nyoba sate taichan dan hmm ya ini kayak kamu makan ayam panggang pake sambel mentah. Enak sih. Tapi enakan sate madura. Lontongnya free. Aku sempet kira ini bubur soalnya lembek bener. Harganya 25.000. Gak mengecewakan kok, kalo lagi laper bisa nih dipake buat nyemil.

 

5. Sayap Panggang

Duh aku gak tau nama tempatnya. Tapi ini satu-satunya yang jual sayap panggang setahu ku di food festival cuma dia ini yang jual syap ayam panggang kayak Mail di Upin Ipin. Dia juga suka teriak 'dua singgit dua singgit' begitu. Ini satu porsi harganya 20.000 udah dapat tiga sayap ayam yang diptong dua jadinya enam bagian gitu. Enak. Ada ditaburin wijennya diatas. Bumbunya juga enak.

 

Duh kayaknya aku bakal bikin dua jilid soalnya masih banyak tapi aku ngantuk. Aku tiada berbakat dalam begadang.